Aset Penerbit

angle-left 5 Hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih lokasi rumah

5 Hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih lokasi rumah


List  |  10 Feb 20 21:50:00

"Lokasi, lokasi, lokasi" adalah mantra umum dalam dunia properti, dan telah menjadi saran terbaik juga - kecuali satu hal: kebanyakan orang tidak tahu apa artinya dari mencari lokasi rumah yang baik.

"Lokasi yang baik" dapat diartikan dengan cara yang berbeda-beda bagi setiap orang, tetapi ada juga faktor subjektif yang menentukan nilai sebuah rumah. Tergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi, sebelum kamu berbelanja untuk properti baru, ingatlah faktor-faktor berikut.

1. Sentralitas

Aksesibilitas dari area yang akan menjadi tempat tinggal kamu akan sangat mempengaruhi harga dari lahan atau rumah tersebut. Semakin dekat dengan jalan besar atau akses terhadap transportasi umum atau tempat yang menonjol seperti mall, akan semakin mahal nilainya. Tanah adalah komoditas yang terbatas, sehingga kota-kota yang sangat maju dan terikat dari sejumlah besar pertumbuhan tambahan. Dalam kebanyakan kasus, penyebaran perkotaan ini terjadi sebagai akibat dari pertumbuhan populasi. Ketika kota-kota yang luas mengalami peningkatan populasi, daerah terpencil justru yang akan cenderung mengalami penurunan paling parah dalam nilai properti.

2. Lingkungan

Kamu tentunya akan memilih rumah yang memiliki lingkungan yang baik. Yang aman dan nyaman. Bagi kamu yang sudah memiliki anak, mungkin akan mencari rumah yang dekat dengan sekolah si kecil. Namun, lingkungan yang benar-benar hebat akan memiliki beberapa faktor utama: aksesibilitas, penampilan, dan fasilitas. Lingkungan  juga dapat menentukan ukuran tanah dari tempat dimana rumah kamu akan dibangun.

Dalam hal aksesibilitas, kamu harus mencari lingkungan yang terletak di dekat rute keseharian kamu dan yang memiliki lebih dari satu jalan keluar. Bepergian ke dan dari tempat kerja adalah bagian besar dari hari banyak orang, sehingga rumah dengan akses mudah akan lebih diinginkan daripada yang terpencil dan hanya dapat diakses oleh satu arah.

Penampilan lingkungan juga penting. Pohon-pohon besar, lansekap, dan ruang hijau atau komunitas di sekitarnya cenderung diinginkan. Kamu juga dapat menilai popularitas lingkungan berdasarkan berapa lama rumah di daerah itu cenderung bertahan di pasar; jika pergantian cepat, kamu bukan satu-satunya yang berpikir ini adalah tempat yang digemari untuk menjadi tempat tinggal.

Lingkungan yang bagus juga harus mencakup fasilitas penting seperti toko kelontong, swalayan, warung, dan tempat makan. Kebanyakan orang suka ke tempat-tempat yang nyaman dan terjangkau - jika kamu harus berkendara jauh untuk mencapai titik-titik ini, kemungkinan akan membuat nilai dari rumah kamu kurang menarik.

3. Pengembangan

Bukan hanya menghadirkan fasilitas yang penting saat ini, tetapi juga fasilitas masa depan. Rencana untuk kuliah, rumah sakit, transportasi umum atau infrastruktur publik lainnya dapat secara drastis meningkatkan nilai properti di daerah tersebut. Pengembangan komersial juga dapat meningkatkan nilai properti. Ketika kamu berbelanja untuk rumah, cobalah untuk mencari tahu apakah ada perkembangan publik, komersial atau perumahan baru yang direncanakan dan pertimbangkan bagaimana penambahan ini dapat mempengaruhi keinginan daerah sekitarnya.

4. Posisi Rumah

Hal berikutnya adalah yang perlu juga kamu pertimbangkan di mana posisi rumah itu sebenarnya berada. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Pelajari posisi rumah tersebut, akses keluar masuk, arah terbitnya matahari, akses ke jalan raya, apakah akan terkena kemacetan ketika keluar rumah, hal-hal seperti ini yang jarang dipelajari terlebih dahulu.

5. Lahan yang Ideal

Misalkan kamu sudah mempersempit pilihan menjadi dua rumah yang berdiri berdampingan di lingkungan yang cocok untuk kamu. Satu, perlu perbaikan dan pembaharuan, tetapi ukurannya besar. Yang lain dalam bentuk sempurna tetapi ukurannya lebih kecil. Sedangkan, harga kedua rumah serupa. Kamu pilih yang mana Ini adalah salah satu aspek perburuan rumah yang mengejutkan bagi banyak orang. Dalam kebanyakan kasus, rumah yang masih membutuhkan perbaikan dan pembaharuan justru adalah investasi yang lebih baik.

Mengapa? Rumah kamu adalah aset yang terdepresiasi. Sedangkan dalam ukuran tanahnya luas akan mempertahankan nilainya. Jadi, jika memungkinkan, selalu pilih yang lebih besar. Rumah yang kurang menarik selalu dapat diperbaiki, diperbarui, ditambahkan, atau diganti sama sekali sementara lahan tidak dapat diubah.