Aset Penerbit

angle-left 5 Tren Membangun Rumah Terkini

5 Tren Membangun Rumah Terkini


Konstruksi  |  10 September 2020

Inspirasi desain bisa didapatkan dari mana saja. Bisa dari majalah desain, aneka situs daring, bahkan rumah impian masa kecil. Tak ada salahnya juga untuk menyontek desain rumah yang sedang menjadi tren.

 

Di tahun 2020 ini setidaknya ada lima desain yang ngehits. Mari cek, siapa tahu salah satunya menjadi favorit.

 

1. Industrial House

Yang khas dari desain industrial adalah material yang serba raw, mentah. Dinding rumah dibiarkan tanpa cat, dengan tekstur yang menjadikannya terlihat makin unik dalam nuansa vintage.

 

Gaya industrial ini lahir karena adanya kebutuhan mengubah bangunan tua seperti pabrik menjadi bangunan layak huni. Dengan pemilihan material dan elemen berbahan dasar metal membuat penampilan dari gaya indutrial ini tampak lugas. Tak heran jika gaya industrial lebih identik dengan pria. Bukan berarti tak disukai kaum perempuan. Para perempuan penggemar bentuk sederhana dalam aura maskulin banyak yang meminati gaya ini.

 

2. Modern Glass House

Gaya yang satu ini masih jadi bagian dari desain rumah minimalis. Persisnya perpaduan antara desain modern dan minimalis. Desain model ini menonjolkan sisi elegan dan mewah pada rumah minimalis.

 

Kekhasan yang ditampilkan oleh modern glass house adalah penerapan atap yang datar dan rendah, dengan dinding kaca nyaris di sebagian besar bangunan. Penempatan kaca dalam jumlah maksimal ini untuk mendapatkan limpahan cahaya alami dari matahari. Selain itu, material kaca juga memberikan kesan mewah dan elegan. Dengan kaca berukuran ekstra tersebut sudah bisa ditebak jika gaya ini, meski sederhana namun membutuhkan material yang berkualitas prima. Kekhasan tipe minimalis dapat kita temukan pada pilihan warna.  Modern glass house biasanya menggunakan cat warna monokrom.

 

3. Scandinavian

Sesuai namanya, ide desain gaya ini diambil dari rumah masyarakat Skandinavia. Rumah-rumah di negara Eropa Timur ini mengedepankan desain minimalis dan alami. Material yang cukup khas adalah batu bata merah dan kayu dalam bentuk datar. Gaya ini banyak pula dimanfaatkan sebagai desain apartemen yang memiliki ukuran terbatas karena dapat memberikan kesan yang lebih luas.  

 

Gaya Skandinavian ini sesungguhnya sudah cukup populer pada tahun-tahun ke belakang. Namun tampaknya peminatnya tak pernah sepi. Popularitasnya masih bertahan hingga kini.

 

4. Compact House

Gaya ini banyak diusung oleh masyarakat perkotaan. Karakteristiknya yang compact seolah memang didesain untuk lingkungan kota yang sesak dengan lahan yang makin terbatas.

Hal khas yang ditampilkan desain ini adalah sederhana sekaligus modern, memiliki banyak cahaya, perabotan yang terbatas, dan pilihan furnitur yang multifungsi. Ruang-ruang yang disiapkan juga betul-betul memiliki fungsinya masing-masing. Tak ada ruang tanpa fungsi.

 

5. Garden House

Rumah dalam tema alam juga masih menjadi favorit. Keinginan orang untuk berada di tengah alam yang segar, dapat terpenuhi oleh desain ini. Lahan yang makin sempit dan makin terbatasnya ruang untuk bertanam, membuat orang melirik untuk menerapkan desain ini.

 

Yang khas dan langsung terbaca dari desain ini adalah kesan asri yang ditunjukkan oleh aneka tanaman dalam pot, baik di dinding maupun yang diletakkan secara tergantung. Lahan yang masih tersisa pun dimanfaatkan dengan seksama, misalnya dengan menanaminya rumput hias yang menyegarkan pemandangan. Sungguh desain yang tak hanya membawa nuansa sejuk namun juga menyehatkan.

 

Nah, kira-kira desain mana yang sesuai selera sekaligus cocok dengan anggaran yang telah disiapkan?