Aset Penerbit

angle-left Berapa Lama Waktu Merenovasi Rumah?

Berapa Lama Waktu Merenovasi Rumah?


Renovasi  |  13 Agu 20 15:24:00

Merenovasi rumah adalah konsekuensi logis dari perkembangan kebutuhan pemiliknya. Bertambahnya jumlah penghuni, kebutuhan untuk meluaskan bangunan,  atau sekadar ada keinginan untuk mengubah suasana adalah contohnya. Yang perlu dihitung saat hendak merenovasi rumah adalah luas bangunan, jumlah lantai bangunan, kerumitan variasi ornamen, kualitas pengerjaan, serta budget untuk merenovasi.

 

Tetapi dari semua kebutuhan itu, selain persoalan seberapa dalam kocek yang harus dirogoh, berapa lama waktu yang diperlukan untuk merenovasi rumah?

 

Pertanyaan menarik ini, tentu bergantung kepada skala renovasi yang akan dilakukan. Ada yang berskala kecil, tapi tak jarang ada juga yang perlu renovasi skala besar. Kondisi ini juga dipengaruhi oleh apakah rumah yang hendak direnovasi sedang ditinggali atau tak berpenghuni. Untuk lebih jelasnya, ikuti pembahasan ini.

 

1. Kamar Tidur – perlu setidaknya 4-6 minggu. Bagian tersulit adalah mengungsikan seluruh isi kamar dan kemudian menata ulang. Terutama bagi mereka yang memiliki kamar tidur bagaikan miniatur dari rumah, semua ada dan disimpan disana. Kulkas? TV? Lemari sepatu? Koleksi designer toys?

 

2. Kamar Mandi – secara umum perlu waktu sekitar 4-5 minggu. Ini jika perlu memindahkan kloset atau meluaskan kamar mandi. Jika perbaikan kecil seperti mengganti ubin atau mengecat ulang biasanya hanya perlu 2 minggu saja. Kecuali kalau ubinnya berbentuk puzzle 1000 pieces atau cat nya warna pink dengan tambahan lampu disko, mungkin butuh sedikit waktu tambahan.

 

3. Dapur – membutuhkan waktu rata-rata 6 minggu, tetapi bergantung juga kepada ukuran proyek dan detail yang diinginkan pemilik. Ingin dapur menyerupai dapur di restoran Krusty Krabs? Atau mungkin Chum Bucket?  Tentu memiliki waktu pengerjaan yang sedikit berbeda. Yang harus diperhatikan juga adalah perbaikan saluran air dan ventilasi udara agar renovasi dapur akan lebih memudahkan kedua urusan tersebut.  

 

Untuk mempermudah proyek renovasi rumah, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan arsitek atau desainer interior yang akan menata rumah. Mereka tentu punya gambaran jika rumah yang ditempati ini akan dilakukan pengembangan. Selain itu, berapapun waktu yang dibutuhkan, memindahkan barang-barang di tempat yang akan direnovasi terlebih dulu, tentu saja akan mempercepat waktu pengerjaan. Apalagi dengan mengerahkan tenaga tambahan tanpa banyak biaya (baca: teman atau saudara).

 

Meski semua sudah diperhitungkan dalam merenovasi rumah, selain pengeluaran yang tidak terduga, tentu saja Anda perlu mempertimbangkan waktu yang mungkin saja mulur karena penyebab di luar kendali pemilik dan kontraktor. Perubahan cuaca dan ketersediaan material bahan bangunan bisa jadi salah satu penyebabnya. Oleh karena itu, diperlukan perhitungan yang tepat dan alternatif solusi untuk meringankan risiko-risiko tersebut. Jika ingin melakukan renovasi dengan hasil yang baik dan benar, boleh coba dengan Sobat Bangun.