Aset Penerbit

angle-left Membeli Rumah VS Membangun Rumah

Membeli Rumah VS Membangun Rumah


Artikel  |  10 Februari 2020

Sudah pasti setiap orang memerlukan tempat tinggal. Tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan pokok kami semua. Sekarang banyak sekali alternatif pilihan bagi semua orang untuk mendapatkan tempat tinggal, bisa membeli, menyewa, mengontrak atau membangun. Bagi Kamu yang sudah siap untuk memiliki tempat tinggal sendiri, sekarang hadirnya dilema dalam membeli sebuah rumah atau membangunnya sendiri? Mana yang Menguntungkan?

Kami akan menyebutkan alasannya masing-masing tentang keuntungan dan kerugian keduanya.

Keuntungan pertama dari membeli rumah adalah Kamu akan lebih hemat biaya tanpa adanya dana pembangunan. Tidak akan ada terjadinya kekurangan dana di tengah proses pembangunan uang apabila membeli rumah yang sudah jadi dengan budget yang sedikit. Cocok bagi keluarga baru yang ingin lebih cepat mandiri secara finansial dengan menghuni rumah sendiri, hal ini akan membantu mempercepat rencana langkah selanjutnya.Seperti memulai bisnis atau menabung untuk keperluan lain.

Kedua, keuntungan dari membeli rumah adalah praktis dan langsung bisa ditempati. Setelah pembayaran dilakukan, rumah tersebut akan bisa langsung ditempati. Daripada harus menyewa rumah atau mengontrak selama pembangunan, maka menempati rumah yang dibeli langsung jadi memang praktis. Jadi, tidak perlu lagi ada biaya-biaya tambahan karena semuanya sudah terpusat pada satu transaksi.

Ketiga, keuntungan dari membeli rumah adalah adanya sisa tabungan untuk biaya renovasi, jika dibutuhkan. Karena tidak mengeluarkan biaya untuk pembangunan, maka para pemilik rumah akan bisa menyimpan sedikit dana untuk tabungan renovasi. Tabungan ini yang bisa dikhususkan untuk memperbaiki dan meningkatkan bangunan rumah sesuai keinginanmu. Karena renovasi rumah tidaklah hal yang murah, maka dibutuhkan adanya perencanaan yang baik dan benar.

Di lain sisi, keuntungan pertama dari membangun rumah sendiri adalah adanya kebebasan desain sesuai keinginan Kamu. Terbebaslah Kamu untuk merancangnya dengan suka-suka, tergantung keinginan Kamu. Berapa ruangan yang dibutuhkan, bagaimana tata letaknya, serta hal-hal lain yang bisa diatur sendiri dengan diskusi bersama pihak konstruksi. Beberapa rumah modern hanya membutuhkan budget yang minim untuk dibangun. Jika tekun dalam mencari informasi sebanyak-banyaknya, maka Kamu  juga akan mengikuti proses pembuatan rumah yang akan lebih dapat memaksimalkan hasil. Rumah yang sudah jadi nantinya bisa sangat berkesan karena dibangun dengan sentuhan detail dari kreativitas Kamu sendiri.

Kedua, keuntungan dari membangun rumah adalah semua dana pembangunan dapat disesuaikan dengan budget Kamu. Pembangunan ini semua tergantung dengan budget yang Kamu miliki. Maka ketika belum ada biaya pembangunan bisa dihentikan dahulu sambil menunggu ketersediaan dana. Jadi semua dilakukan dengan jadwal Kamu sendiri.

Ketiga, keuntungan dari membangun rumah adalah harga tanah yang lebih murah dari rumah jadi. Dibandingkan dengan membeli rumah jadi, tanah memang bisa dikatakan sangat murah. Tanpa harus membayar biaya pembangunannya, tanah bisa dimiliki hanya dengan harga terjangkau jika belum memiliki cukup uang. Jadi, pembangunan rumah bisa dicicil sedikit demi sedikit ketika ada biaya.

Semoga kami telah memberikan setidaknya sedikit masukan atas keputusan Kamu kedepannya.