Aset Penerbit

angle-left Mengapa Bahan Bangunan Harus Berkualitas?

Mengapa Bahan Bangunan Harus Berkualitas?


Konstruksi  |  06 Agu 20 13:48:00

Seringkali calon pemilik rumah menghadapi sebuah dilema. Membangun dengan bahan bangunan berkualitas yang membuat budget menjadi ketat atau sedikit lewat? Atau mencari bahan bangunan dengan harga murah ramah budget tapi kualitas sedikit meragukan? Wajar memang, karena hukum ekonomi (dan naluri ingin irit) berkata bahwa kita menginginkan hasil yang paling baik dengan biaya semurah mungkin. Mungkin dalam hal ini kita musti kembali mengingat bahwa belum tentu semua yang mahal itu berkualitas, tapi yang pasti bahan bangunan berkualitas tidak murah. Namun tidak murah tidak berarti mahal loh.

Beberapa hal yang perlu diingat, rumah adalah struktur permanen. Yang dibangun untuk menjadi naungan hidup, bekerja, istirahat dan mungkin yang paling penting, membina keluarga. Dibuat untuk memberikan rasa aman dan tentram. Dan rumah pun dapat menjadi sebuah investasi jangka panjang yang memberikan jaminan penambahan nilai di masa depan. Tentunya bahan bangunan yang berkualitas cukup menentukan tingkat keamanan dan kenyamanan keluarga, dan return of investment di masa depan.

Bahan bangunan dapat dibilang terbagi menjadi dua, yang terlihat dan yang tak terlihat. Contoh bahan bangunan yang terlihat adalah jenis lantai, kusen pintu dan jendela, bahan pintu, kaca jendela, plafon hingga cat dinding. Sedangkan contoh bahan bangunan yang tak terlihat seperti struktur, beton, besi, rangka atap, kabel dan elektrikal, pipa hingga batu bata dan semen. Seringkali calon pemilik rumah (atau bahkan kontraktor nakal) mencoba memangkas biaya dengan menggunakan bahan bangunan berkualitas untuk yang terlihat, namun murah dengan kualitas meragukan untuk bagian yang tak terlihat. Indah dipandang, namun agak mengecewakan ketika diteliti lebih lanjut.

Membangun rumah dengan bahan berkualitas juga memberikan berbagai macam kelebihan. Selain jaminan rumah sebagai struktur hunian yang mumpuni, juga kecepatan dalam konstruksi. Waktu pengerjaan yang lebih cepat dengan menggunakan bahan yang berkualitas. Salah satu yang cukup penting adalah jaminan dan layanan purna jual. Bahan bangunan berkualitas biasanya mendapatkan jaminan dan dukungan dari produsen yang ingin menjaga nama baik produknya. Yang lebih penting lagi, bahan bangunan berkualitas biasanya dibuat dan diperuntukkan untuk ramah kepada lingkungan. Bahan berkualitas dibuat agar tahan lama dan tidak membutuhkan banyak perbaikan atau pergantian. Bahan bangunan berkualitas pun biasanya dibuat dengan mengikuti standar dan regulasi konstruksi yang mengedepankan keselamatan. Penghematan bahan baku sehingga tidak menciptakan limbah yang berlebih, mengurangi jejak karbon dan yang cukup penting adalah, menghemat biaya di jangka panjang.

Dengan membuat pola pikir bahwa bahan bangunan berkualitas adalah investasi, mungkin jawabannya menjadi jauh lebih jelas.