Aset Penerbit

angle-left Perkiraan Biaya Renovasi Ruang Keluarga

Perkiraan Biaya Renovasi Ruang Keluarga


Renovasi  |  27 Agustus 2020

Ruang keluarga merupakan bagian inti rumah. Home, not just a house, dapat terefleksikan dalam sebuah ruang keluarga yang hangat dan nyaman. Ruang keluarga menjadi ajang pertemuan dengan anggota keluarga, santai berbagi cerita tentang pekerjaan ayah dan ibu, dan kisah anak-anak di sekolah. Atau bersama menyaksikan televisi, tayangan-tayangan yang seru dan menghibur.

 

Saat ini sebetulnya baik-baik saja dengan ruang keluarga yang sudah ada. Tapi kok sepertinya ada yang kurang ya? Bisa jadi ruang keluarga butuh pembaruan. Tak perlu renovasi besar-besaran, cukup mengganti dan menambah beberapa perabot, niscaya kehangatan baru bisa ditemukan.

 

Mengganti Cat Dinding

Kapan terakhir dinding ruang keluarga dicat? Sepuluh tahun, 20 tahun? Sudah saatnya berganti warna yang sama sekali berbeda. Tetap pilih warna yang tenang dan hangat. Pada beberapa bagian dapat ditambahkan motif atau gambar tertentu sebagai aksen pemanis.

 

Mau bermain dengan wallpaper? Kenapa tidak?

 

Lantai Keramik VS Lantai Kayu

Menarik juga jika lantai di ruang keluarga berganti rupa menjadi lantai kayu. Cantik dan hangat. Tinggal dipertimbangkan, apakah akan mengganti keseluruhan lantai atau kombinasi. Jika pilihannya tetap keramik, pastikan memilih keramik berukuran lebar. Keramik lebar akan memberikan efek luas pada ruangan.

 

Mengganti Kain Pelapis Sofa

Tak perlu mengganti perabot  jika masih bagus dan berfungsi baik. Cukup dengan mengganti pelapis luarnya dengan yang baru. Beberapa bahan dapat dipertimbangkan untuk mendapatkan efek yang berbeda, misalnya penggunaan elemen kulit untuk menampilkan kesan lebih elegan. Tentu saja perlu dipertimbangkan untuk perawatannya.

 

Pilihan lainnya dapat ditemukan dengan mudah di aneka toko penyedia kebutuhan furnitur. Yang penting pilihan warna harmonis dengan warna ruang secara keseluruhan.

 

Karpet dan Bantal Sebagai Pelengkap

Pilih karpet dalam warna polos dan netral agar tak menambah kesan sempit ruangan. Selain sofa yang nyaman, bantal-bantal berukuran besar dapat menjadi kawan baik saat bersantai. Bantal-bantal unik dalam warna kontras dapat dipilih sebagai titik-titik pemecah kebekuan.

 

Furnitur Minimalis

Singkirkan furnitur berat dari ruang keluarga. Yang dibutuhkan adalah furnitur mungil, seperti meja kaca untuk meletakkan minuman atau cemilan sekadarnya.

 

Rak buku dapat ditambahkan pada dinding-dinding yang masih kosong. Rak buku pada ruang keluarga hanya berfungsi untuk meletakkan buku yang sedang dibaca, atau yang ingin dipamerkan kapada tamu. Buku-buku koleksi sebaiknya disimpan di ruang kerja atau ruang pustaka, jika ada.

 

Pesona Lampu

Jangan biarkan lampu hanya hadir sebagai pelengkap. Sekadar pemberi terang ruangan. Saat ini lampu dengan model yang unik dapat kita temukan dengan mudah dipusat perbelanjaan. Ingin lampu yang anti mainstream? Kenapa tak mencoba membuatnya sendiri? Di situs penyedia foto, banyak contoh yang bisa ditiru lengkap dengan cara membuatnya. Hasilnya memuaskan, dananya bisa ditekan.

 

Sentuhan Tanaman

Tanaman hadir untuk memberikan kesan lebih hidup pada ruangan. Jika ruangan dirasa cukup luas bisa memilih tanaman berukuran besar. Jika tidak, tanaman hias yang mungil dapat menjadi pilihan. Sesuaikan pula pilihan tanaman dengan udara dan cahaya yang masuk ke dalamruangan.

 

Dengan beberapa alternatif renovasi di atas, kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan?

 

  • Cat tembok: Rp 300 ribu
  • DIY lampu: Rp 100 ribu
  • Tamanan hias dan aksesorisnya: Rp 100 ribu
  • Rak buku dinding: Rp 300 ribu
  • Set pelapis sofa: Rp 500 ribu
  • Bantal: Rp 250 ribu
  • Karpet: Rp 300 ribu
  • Keramik lantai: Rp 500 ribu

 

      Total: Rp 2,35 juta

 

Bagaimana kira-kira? Cocok? Yuk, kita mulai renovasi.