Aset Penerbit

angle-left Semua Yang Harus Diketahui Sebelum Renovasi Kamar Mandi

Semua Yang Harus Diketahui Sebelum Renovasi Kamar Mandi


Renovasi  |  20 Agustus 2020

Kamar mandi bisa jadi merupakan bagian termungil dari bangunan rumah. Tapi semua orang pasti sepakat dengan pentingnya fungsi ruang yang satu ini. Tak setiap hari ruang tamu mendapat kunjungan. Tak semua orang yang setiap hari melakukan aktivitas memasak di dapur. Tapi kamar mandi, setiap penghuni rumah membutuhkannya. Setiap hari! Dengan intensitas pemakaian yang tinggi, menjadikan penurunan kualitas kamar mandi berlangsung lebih cepat dari ruang lainnya. Tak heran jika ada agenda renovasi rumah, kamar mandi tak ketinggalan untuk ikut dibenahi. Atau malah dilakukan renovasi tersendiri.

 

Nah, apa saja yang perlu diketahui dan dipertimbangkan ketika akan melakukan renovasi kamar mandi?

1. Memastikan jenis renovasi kamar mandi. Apakah hanya akan melakukan perbaikan ataukah bongkar total? Seberapa luasnya, seperti apa desainnya, dan material apa saja yang akan digunakan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan menentukan seberapa besar dana yang dibutuhkan.

 

2. Desain. Kamar mandi berdesain minimalis saat ini banyak dijadikan pilihan. Bentuknya yang mungil dengan pengaturan barang yang efisien berhemat banyak pada segi ruang dan biaya. Aneka model alternatif kamar mandi minimalis ini dapat dengan dengan mudah ditremukan melalui internet sebagai bahan rujukan.

 

3. Material. Pemilihan keramik merupakan salah satu hal yang penting saat renovasi kamar mandi. Pilih keramik yang bertekstur untuk menghindari kemungkinan terpeleset. Pastikan keramik yang dipilih juga memang khusus untuk keperluan kamar mandi, yang tahan terhadap kelembaban. Jika bersikeras memilih batu berpori atau kayu, pastikan dilapis terlebih dahulu. Sedangkan keramik untuk dinding dapat menyesusaikan dengan selera. Kombinasi keramik dan dinding biasa, dapat dipertimbangkan untuk menekan biaya.

 

4. Ventilasi dan pencahayaan. Bagian ini kerap terlupakan untuk dipertimbangkan dengan detail. Dengan anggapan orang akan secukupnya saja berada di kamar mandi. Yang terjadi, kamar mandi bahkan menjadi tempat mencari inspirasi. Ventilasi dan pencahayaan yang baik dapat menjadikan kamar mandi lebih sehat. Udara lebih segar dan dinding-dinding terhindarkan dari jamur. Kita pun betah dan nyaman berlama-lama di kamar mandi. Jangan terlalu lama sehingga mengundang kecurigaan juga.

 

5. Drainase. Saluran air dan limbah dari kamar mandi sebaiknya dipilih dari bahan berkualitas, sehingga tak perlu melakukan perbaikan dalam waktu pendek. Terlebih jika saluran tertanam di bawah pondasi rumah, perbaikan akan memakan biaya tinggi. Demikian pula pemilihan keramik di kamar mandi. Ukuran keramik berpengaruh terhadap proses ‘penurunan’ air menuju saluran drainase. Disarankan ukuran keramik lantai tak lebih dari 30x30cm agar air tak terlalu lama menetap di lantai.

 

6. Kloset. Pemilihan kloset tergantung pada kebiasaan dan kenyamanan. Namun kloset duduk dapat dijadikan pilihan jika ingin menampilkan kamar mandi yang minimalis dan elegan. Dari sisi fungsi, kloset duduk juga lebih baik dari pertimbangan kesehatan.  Dan tentunya karena sekarang bukan tahun 1980.

 

7. Shower. Penggunaan shower disarankan demi penghematan air. Secara estetika, penggunaan shower juga terlihat lebih manis untuk kamar mandi minimalis. Selain tentunya lebih menghemat ruang. Jika space agak berlebih, dapat disertakan sekat kaca di sekeliling shower untuk menghindari air membasahi seluruh lantai.

 

8. Wastafel. Pada kamar mandi dengan luas yang cukup, penyertaan wastafel menjadi aksen tersendiri. Keberadaan wastafel mendukung aktivitas singkat seperti mencuci muka, menyikat gigi, atau sekadar mencuci tangan. Cermin dapat ditambahkan sebagai pelengkap.

 

9. Tempat penyimpanan. Untuk menghemat ruang, dapat dibuat tempat penyimpanan tersembunyi dalam dinding. Aneka keperluan kamar mandi yang digunakan dalam jangka panjang dapat tersimpan di satu atau dua tempat tanpa terlihat berantakan.

 

10. Perabot Pelengkap. Perabot pelengkap yang akan digunakan sebaiknya dipertimbangakan sedari awal juga. Aneka perabot seperti gantungan handuk, rak peralatan mandi, tempat tisu, dsb, selain karena fungsinya memang dibutuhkan, juga sebagai pemanis ruang.