Aset Penerbit

angle-left Tips Rumah Ramah Anak

Tips Rumah Ramah Anak


Artikel  |  10 Februari 2020

Ketika merancang lingkungan yang mendidik dan juga menghibur bagi anak-anak, selalu ada resiko akan menjadi terlalu serius. Di masa lalu, taman bermain adalah area aspal dengan area bermain sudah dianggap baik-baik saja asalkan mereka memiliki ruang yang cukup untuk mengakomodasi kegiatan yang dilakukan - seperti tidur, bermain, dan makan. Hari ini, ini telah berubah; ada pemahaman bahwa desain harus menjadi bagian dari pendidikan anak dan bahwa ruang-ruang yang dirancang secara cerdas bisa menjadi lebih merangsang bagi anak daripada diisi dengan semua mainan dan peralatan bermain di dunia. Bayangkan itu!

Tentu saja, untuk anak-anak, hubungan mereka dengan ruang-ruang dimulai dengan desain rumahnya sendiri, sebab akan menantang anak-anak untuk mengembangkan keterampilan motorik dan rasa ingin tahu mereka. Anak-anak menghargai kebebasan, variasi, warna, dan alam. Mereka secara alami ingin tahu dan menyukai kompleksitas, penemuan, dan ilusi. Jadi, mereka sebenarnya adalah klien yang berpikiran terbuka paling ideal bagi seorang arsitek karena mereka mengharapkan tantangan spasial dan visual.

Pastinya kamu pernah membayangkan seperti apa rumah kamu nantinya? Apakah kamu bisa mendesainnya hanya berdasarkan ide dan kenyamanan kamu sendiri? Apakah kamu bisa melihat dengan objektif, tidak bias, tidak nostalgia atau tidak mendapatkan tekanan dari sekitar?

Pasti jawabannya tidak, karena kamu sudah pernah melihat banyak sekali rumah-rumah dan gedung-gedung yang indah diluar sana. Sedangkan anak-anak memiliki keberanian lebih untuk bermimpi.

Kami disini ingin membuktikan bahwa desain yang ramah anak bisa saja menyenangkan dan praktis. Sementara beberapa orang mungkin mendefinisikan rumah ramah anak sebagai satu ruangan besar tanpa adanya objek-objek keras dan kain-kain mewah, tapi sebenarnya bisa mempertahankan gaya desain kamu. Apakah gaya itu penuh warna dan funky, ramping dan modern, atau tenang dan netral, rumah atau apartemen dapat menunjukkan ide-ide dekorasi yang bijaksana (dan tahan lama!) untuk semua anggota keluarga dari segala usia.

Ruang Makan Ramah Tumpahan

Tidak perlu khawatir tentang tumpahan disini, berkat kursi plastik yang mudah dibersihkan dan kain yang tahan lama di bantal bangku.

Studio Anak-anak

Sebagai pengganti meja anak-anak kecil, meja kopi besar menawarkan lebih banyak ruang untuk berkreasi.

Perabot Berbulu

Kombinasi perabotan yang akan mengakomodasi kebutuhan keluarga dan masih menawarkan tampilan yang seru bagi anak-anak, seperti contoh bangku berbulu, dan lain-lain

Hub Keluarga

Dengan lounge yang nyaman bertempatan di luar dapur, dapur ini dapat menciptakan semacam co-working space untuk seluruh anggota keluarga.

Akustik Yang Nyaman

Di ruang keluarga, sofa dapat menjadi tempat yang paling sering kalian kunjungi, apalagi anak-anak. Jadikanlah sofa seperti karya seni abstrak, bebas melempar bantal, dan berwarna-warni melengkapi desain yang santai. Karpet juga dapat menambahkan tekstur yang cukup nyaman untuk anak-anak bergaul dan membaca atau mengerjakan puzzle.

Ruang Untuk Bermain

Di luar kontainer penyimpanan untuk menjaga perlengkapan olahraga dan ransel anak-anak tetap teratur, seluruh bagian belakang rumah adalah ruang keluarga / dapur / ruang makan informal yang besar, di mana perabotan dan peralatan bawaan menentukan berbagai area, menjadikan masing-masing area nyaman tetapi tidak sesak.

Bagikan dengan kami tips dan trik mendesain rumah untuk anak-anak kamu juga ya.