Aset Penerbit

angle-left Tips Rumah Ramah Lansia

Tips Rumah Ramah Lansia


Artikel  |  10 Feb 20 21:49:00

Seiring bertambahnya usia, tugas-tugas sederhana seperti mencapai rak tinggi, memanjat tangga atau bangun dari kursi dengan mudah, bisa menjadi tugas yang berat. Pemilik rumah yang sudah lanjut usia atau tinggal bersama orang tua lanjut usia atau kakek nenek mungkin memerlukan dekorasi rumah yang ramah lanjut usia. Karena kenyamanan, keamanan, dan aksesibilitas menjadi perhatian utama, menggabungkan perubahan desain yang tidak menghalangi estetika, tentunya dapat dilakukan.

Banyak manula terus berkontribusi pada profesi mereka, sebagai penasehat atau konsultan, bahkan setelah pensiun. Dalam kasus seperti itu, kamar cadangan dapat berfungsi ganda sebagai kantor rumah, serta kamar tidur tamu untuk pengunjung atau keluarga besar.

Keamanan rumah untuk perumahan lansia

Saat ini, keselamatan dan keamanan adalah masalah utama. Pastikan dimanapun kamu memutuskan untuk tinggal dengan orang tua atau lansia lainnya, adanya sistem keamanan atau bahkan sekuriti yang akan selalu siap siaga membantu.

Penerangan rumah untuk lansia

Orang tua mungkin juga tidak memiliki visi yang sama dengan orang lain di rumah. Dengan teknologi, juga dimungkinkan untuk mengoperasikan lampu, kipas, dan pendingin udara menggunakan remote tunggal, yang dapat memudahkan para manula.

Perabotan ramah lansia

Perabotan di rumah, harus ditata sedemikian rupa sehingga ada ruang yang cukup bagi manula untuk bergerak bebas. Simpan barang-barang yang sering digunakan di kabinet bawah, mudah dijangkau. Perabotan harus memungkinkan lansia untuk menjalani kehidupan sehari-hari mereka dengan mudah. Misalnya, rak atau meja kecil di samping tempat tidur, dapat berguna untuk menyimpan kacamata, telepon, obat-obatan dan air.

Opsi lantai untuk rumah lanjut usia

Kriteria utama, ketika memilih lantai untuk rumah dengan manula, adalah untuk memastikan bahwa lantai tidak licin, mudah untuk dilewati dan mudah dirawat. Ubin kamar mandi marmer / keramik di rumah yang licin, mungkin tidak memberikan pegangan yang cukup. Di kamar mandi, seseorang dapat menggunakan ubin anti slip. Bangunan juga harus memenuhi kebutuhan mobilitas dan persyaratan keselamatan para lansia, dengan landai untuk kursi roda dan tangga dengan pegangan tangan atau palang pengaman.

Tips dekorasi untuk rumah dengan lansia

  1. Hindari karpet dan karpet lantai yang longgar. Kau bisa mengamankan dengan karpet dan keset pintu menggunakan lapisan anti-slip.
  2. Jaga agar kamar mandi tetap kering mengurangi kemungkinan terpeleset. Pastikan area di dekat WC dan wastafel sudah kering dan area basah terbatas pada area shower.
  3. Pancuran dengan ketinggian yang bisa disesuaikan, lebih baik untuk manula.
  4. Memberikan distribusi pencahayaan sekitar yang baik dan merata di seluruh lantai, tanpa membuat silau dan mengurangi titik-titik gelap.
  5. Adanya area yang nyaman dan menarik, bagi orang lanjut usia untuk berolahraga, berdoa atau melakukan hobi seperti membaca, merajut, melukis, berkebun, dan lain-lain, Bisa menjadi sebuah bonus.

Apakah artikel ini bermanfaat? Kami harap begitu, semoga para orang tua kami merasakan kenyamanan yang sama seperti yang telah mereka berikan kepada kami waktu kecil.