Asset Publisher

angle-left 8 Pertanyaan Untuk Ditanyakan Kepada Calon Kontraktor

8 Pertanyaan Untuk Ditanyakan Kepada Calon Kontraktor


Konstruksi  |  03 September 2020

Rencana melakukan pembangunan rumah custom sudah sempurna. Dari urusan pendanaan  hingga desain. Kini tinggal menentukan kontraktor yang akan melakukan pengerjaan. Biaya kontraktor berbeda-beda tiap kota. Bahkan beda tiap wilayah dalam satu kota. Kontraktor akan menyodorkan gambaran biaya per meter persegi. Harga borongan di pasaran saat ini ada pada kisaran Rp3.000.000 - Rp10.000.000 per meter persegi. Biaya meliputi harga material dan tarif tukang.

 

Untuk memastikan kontraktor yang dipilih adalah adalah kontraktor yang tepat dan bertanggung jawab, berikut beberapa hal yang perlu ditanyakan saat melakukan proses seleksi.

 

1. Proyek yang telah ditangani

Kita dapat menilai hasil kerja kontraktor yang tengah diseleksi dengan memantau hasil kerja mereka. Bukan hanya berdasar portofolio tertulis, namun juga rumah-rumah yang berhasil dibangun.

 

Perlu ditanyakan apakah kontraktor pernah mengerjakan proyek serupa dan seperti apa pengalamannya.

 

2. Memastikan kontraktor ‘bersih’

Kadang owner segan untuk mengajukan pertanyaan terkait persoalan hukum. Padahal  sangat mungkin terjadi kontraktor tengah bermasalah secara hukum yang tentu saja dapat berimbas pada pengguna jasanya.

 

3. Pemilihan material bangunan dan spesifikasi yang biasa digunakan 

Pertanyaan ini penting untuk mencegah kontraktor menggunakan material dengan kualitas yang berbeda dari kesepakatan. Berikutnya tentu saja tetap diperlukan pengawasan.

 

4. Sistem pembayaran

Sistem kontrak kerjasama yang biasa dilakukan oleh sang kontraktor, apakah pembayaran dengan termin tiap kurun waktu tertentu. Termasuk kemungkinan jika terjadi keterlambatan, baik dari sisi kontraktor dalam hal pengerjaan maupun owner sebagai pihak pembayar.

 

5. Menangani kerjasama dengan pihak lain

Dalam pengerjaan proyek, kontraktor akan berhubungan dengan arsitek, desainer, atau  konsultan lain. Kira-kira bakal seperti apa kontraktor membangun hubungan kerja. Perlu dipastikan kontraktor sanggup bekerja dengan pihak lain yang bisa jadi berbeda dalam menangani suatu kasus.

 

6. Jadwal kerja dan penanganan kondisi tak terduga

Jadwal kerja yang utama adalah tanggal mulai dan berakhir seperti yang tercantum dalam kontrak. Namun perlu diketahui juga jadwal detail hariannya. Rincian terkait waktu dan pekerjaan dapat memberikan gambaran apakah pekerjaan bakal sesuai dengan tenggat waktu yang direncanakan.  

 

Perlu ditanyakan pula seandainya terjadi kondisi tak terduga, misalnya terkait dengan cuaca yang menghambat proses pembangunan, langkah apa yang akan diambil kontraktor.

 

1. Petugas yang disiapkan di lapangan

Jumlah petugas bisa jadi akan berbeda di setiap organisasi kontraktor, tergantung pada besar kecilnya perusahaan. Pada perusahaan kontraktor besar, biasanya menyiapkan kepala tukang yang akan mengkoordinir para tukang dan bertanggung jawab terhadap keamanan rumah. Kepala tukang biasanya juga diserahi tanggung jawab untuk berkomunikasi dengan pemilik rumah dan melaporkan detail pekerjaan harian. Pada perusahaan kecil, sang kontraktor sendiri bisa memimpin pengerjaan.

 

Jaminan keamanan rumah dan segala perangkatnya juga dapat ditanyakan pada poin ini.

 

2. Model komunikasi

Bagaimana model komunikasi juga perlu dipertanyakan. Jangan sampai mendapatkan kontraktor yang pelit berkirim laporan perkembangan. Apakah komunikasi dilakukan melalui telepon genggam berupa laporan gambar, video, dan laporan pandangan mata, atau melalui email dengan menyertakan segala detail pengerjaan dalam bentuk gambar. 

 

Selain melalui perangkat telekomunikasi, bisa pertanyakan kemungkinan jadwal pertemuan rutin mingguan.

 

Demikian beberapa patokan pertanyaan yang dapat diajukan kepada calon kontraktor. Jika sudah terpilih dan tercapai kesepakatan dengan kontraktor, pastikan anggaran sesuai dengan dengan RAB yang dikeluarkan, baik oleh arsitek atau kontraktor. Pantau pengeluaran secara berkala. Penting pula untuk meninjau langsung ke lokasi.

 

Nah semua itu penting untuk dilakukan sebelum memilih kontraktor. Mau cara yang lebih cepat dan mudah? Bangun rumah dengan Sobat Bangun! Semua kontraktor rekanan yang tersedia telah melalui semua tahap tersebut, diseleksi dengan ketat dan diverifikasi dengan baik. Ayo, mau pilih yang mana?