Asset Publisher

angle-left Mengapa Membangun Sesuai Regulasi Itu Penting

Mengapa Membangun Sesuai Regulasi Itu Penting


Konstruksi  |  06 Agustus 2020

Hampir semua orang memiliki akses yang sama ke bahan bangunan dan alat pertukangan. Semua orang bisa membeli batu bata, semen, pasir. Air bisa dengan mudah didapatkan. Intinya adalah semua orang bisa dengan mudah membeli semua bahan bangunan yang dibutuhkan untuk membangun rumah, lalu mulai mengaduk semen, menyusun bata, dan mendirikan dinding. Hasilnya seperti apa adalah suatu hal yang berbeda. Apakah bangunan yang didirikan layak dan aman untuk dihuni? Apakah bangunan yang didirikan membahayakan penghuni atau bahkan tetangga? Apalagi pertanyaan apakah bangunan itu ramah lingkungan. Terlalu jauh mungkin. Disitulah regulasi dan aturan memegang peranan penting.

SIM. Surat Izin Mengemudi. Sebuah dokumen yang menyatakan bahwa seseorang dapat mengemudikan kendaraan bermotor di jalan umum. Sebuah regulasi dan aturan yang memastikan bahwa semua orang memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam hal penggunaan kendaran bermotor di jalan umum. Dengan adanya suatu standar yang memastikan bahwa semua orang mematuhi aturan yang sama untuk keselamatan bersama. Begitupun regulasi dan aturan konstruksi rumah tinggal. Dibuat untuk memastikan keselamatan dan keamanan pemilik rumah dan orang sekitar.

Regulasi pembangunan rumah tinggal dimulai dari izin pembangunan. Kenapa izin pembangunan itu penting, karena tidak semua lahan dapat digunakan untuk pembangunan rumah tinggal. Contoh paling mudah adalah lahan yang berada dalam daerah serapan air. Lahan yang berada dalam daerah yang ditetapkan sebagai daerah resapan air biasanya memiliki ketentuan yang berbeda dari lahan yang berada di daerah perumahan biasa. Ada kriteria yang harus dipenuhi untuk daerah resapan. Seperti luas total bangunan yang tidak boleh melebihi persentase tertentu dari luas tanah. Aturan ini dibuat agar lahan tersebut tetap memiliki kapasitas resapan yang sesuai. Hal ini dibuat untuk kepentingan dan kesejahteraan bukan hanya pemilik rumah, tapi juga masyarakat sekitar. Bahkan hingga masyarakat yang tinggal cukup jauh namun terletak di area yang termasuk dalam jalur air. Jika bangunan rumah di daerah resapan tidak sesuai dengan regulasi dan aturan, dapat menyebabkan  bencana yang jauh lebih besar, seperti banjir dan menurunnya tingkat dan kualitas air tanah.

Ada pula regulasi dan aturan mengenai struktur dan kekuatan pondasi rumah tinggal. Rumah tinggal satu lantai dan rumah tinggal dua atau tiga lantai tentu membutuhkan struktur dan pondasi yang berbeda. Aturan tentang struktur sangat penting untuk menjaga integritas sebuah bangunan rumah yang akan dihuni. Mungkin pernah mendengar atau membaca berita tentang rumah tinggal yang rubuh karena dibuat tidak sesuai dengan standar atau aturan. Bukan hanya membahayakan pemilik rumah tapi juga warga sekitar rumah tersebut.

Masih banyak lagi regulasi dan aturan yang memang dibuat untuk kepentingan pemilik rumah dan masyarakat sekitar. Mungkin perlu diingat, regulasi dan aturan dibuat bukan untuk mempersulit tapi untuk memberikan jaminan keselamatan. Naik mobil yang dikemudikan oleh seseorang yang tak memiliki SIM saja cukup membuat was-was, apalagi tinggal di bangunan rumah yang tidak sesuai regulasi.